Poin Diskusi Ketua dan Sekjen TP2D Tangbar di Redaksi Tangsel Post

Berita, 21/03/2012

Ketua TP2D Tangerang Barat, Isbandi Ardiwinata, melakukan diskusi dengan jajaran redaksi Tangsel Post, bertempat di kantor Redaksi Tangsel Post, Serpong, Tangsel (20/03). Diskusi juga diikuti oleh Sekjen TP2D Tangerang Barat, Subandi Musbah, Ketua Tangbar Intelek Media, Endi Biaro, dan Aktivis Tangbar, Idey Hidayat. Berikut poin perbincangan yang berlangsung:

Uraian dari Isbandi Ardiwinata, Ketua TP2D Tangerang Barat

  • Ketua TP2D menjelaskan bahwa embrio gerakan Tangbar bermula dari analisis dan permintaan dari Bupati Tangerang, Ismet Iskandar, pada medio 2006. Dari sini lantas lahir Badan Koordinasi, yang bekerja untuk menggalang dukungan dan persetujuan dari unsur-unsur masyarakat se-Tangerang Barat (melalui Kepala Desa dan BPD). Bakor kemudian melahirkan Dokumen Penting, tentang dukungan masyarakat untuk pemekaran Kabupaten Tangerang Barat.
  • Langkah lanjutan atas dokumen ini adalah etape kerja yang beralih kepada pembentukan TP2D Tangbar (Tim Percepatan Pemekaran Daerah Tangerang Barat). Kini, TP2D diketuai oleh Isbandi Ardiwinata, dengan Sekretaris Jenderal Subandi Musbah. Organ perjuangan ini bergerak cepat. Melahirkan berbagai elemen dan kelompok pendukung. Mulai dari kalangan mahasiswa (Himatangbar), Intelektual (TIM, Tangbar Intelek Media), Radio Komunitas, KOBAR, Ulama, Pondok Pesantren, dan lain-lain. Selain itu, TP2D juga menggelontorkan program-program kampanye publik, perekrutan jaringan (dengan terbentuknya Koordinator Kecamatan, di sembilan kecamatan), dan juga mendorong terjadinya kajian akademik.
  • Ketua TP2D membantah bahwa ada kaitan isu Pilkada dengan Tangbar. Hal ini tak ada titik temunya. Karena isu Tangbar sudah bergulir jauh sebelum Pilkada dimulai. Intinya, gerakan Tangbar tak akan berkiblat pada satu kekuatan politik tertentu. Malah TP2D akan berjuang agar para kandidat yang bertarung di Pilkada semuanya memiliki komitmen untuk mendukung terbentuknya Tangerang Barat.
  • Tentang tudingan miring dan merendahkan Tangbar, misalnya menganggap PAD (Pendapatan Asli Daerah) di Tangbar sangat minim, Ketua TP2D membuat perbandingan, yaitu pemekaran Kota Serang, yang PAD-nya sangat rendah, tetapi saat ini terbukti bangkit. Dan rata-rata di seluruh Pulau Jawa, pemekaran daerah berhasil. Kalau pun ada kegagalan, itu hanya terjadi di luar jawa. Artinya, alasan PAD minim di Tangbar tidak tepat.

Uraian dari Subandi Musbah, Sekjen TP2D Tangbar

  • Kini telah jelas peta dukungan dari mutipihak untuk Tangerang Barat. Bahkan begitu banyak politisi dan tokoh-tokoh penting yang terang-terangan mendukung. Ini adalah tanda-tanda yang baik. Sebelumnya, hal ini jarang terjadi. Sesungguhnya, lebih banyak lagi pihak yang ingin memberikan dukungan terbuka, tetapi menunggu momen, dan belum bersedia mempublikasikan diri.
  • Dari proses yang berlangsung, kian nyata strategi penggalangan dukungan yang dilakukan oleh TP2D adalah tepat, yaitu melahirkan organ-organ pendukung, agar semua orang dengan kapasitas dan kompetisi yang dimiliki bisa berperan penting. Selain itu, untuk mengurangi beban psikologis, jika semua kekuatan terarah ke TP2D Tangbar.
  • Kelak, jika kajian akademik telah selesai dilakukan, maka ini akan menjadi kekuatan pendorong yang makin gencar, untuk menggolkan pemekaran daerah Tangerang Barat.
  • Untuk saat ini, memang masih terdapat sembilan kecamatan, yang bergabung dengan Tangbar, karena memang proses awalnya terarah ke sembilan kecamatan tersebut.
Iklan

2 comments on “Poin Diskusi Ketua dan Sekjen TP2D Tangbar di Redaksi Tangsel Post

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s