Pers Release:

Bantuan Bencana Banjir oleh TP2D TangbarTP2D Tangbar memberi bantuan terhadap korban bencana di Tangerang

Tuntutan dan Seruan

TP2D Tangerang Barat

(Atas Peristiwa Bencana Banjir di Kabupaten Tangerang)

 

Berdasarkan hasil investigasi dan temuan fakta-fakta di lokasi bencana banjir di Kabupaten Tangerang, maka Tim Percepatan Pemekaran Kabupaten Tangerang Barat, melihat bahwa:

  1. Belum optimalnya koordinasi dan pengorganisasian kerja, dalam mengatasi bencana banjir. Pola bantuan dan pendampingan para korban masih bersifat insidental dan sporadis. Padahal bencana yang terjadi bersifat meluas dan menyebar di berbagai titik. Dengan demikian membutuhkan garis koordinasi dan pengorganisasian bantuan secara sistematis dan terencana.
  2. Proses penanggulangan bencana berlangsung lambat. Baik dalam hal evakuasi para korban, maupun distribusi bantuan (logistik). Padahal respon masyarakat dan para relawan serta beberapa lembaga yang konsern dengan masalah bencana, telah bergerak cepat. Hal ini terjadi karena belum adanya Badan Penanggulangan Bencana Daerah.
  3.  Tidak adanya sistem peringatan dini atau Early Warning System, yang menjadi sumber informasi awal tentang potensi akan terjadinya bencana.
  4. Miskinnya inventarisasi potensi bencana di Kabupaten Tangerang. Padahal, daerah ini termasuk rawan bencana alam (natural disaster).

Atas semua fakta-fakta di lapangan tersebut, maka TP2D Tangerang Barat mendesak:

  1. Agar segera dibentuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah, di Kabupaten Tangerang. Dan segera membentuk Crisis Centre  serta POKSKO Informasi bencana. Sebagai lembaga yang bertanggungjawab langsung dalam melakukan koordinasi, perencanaan, dan strategi penanggulangan bencana.
  2. Medesak agar Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang, segera melakukan inventarisasi data potensi bencana di Kabupaten Tangerang. Sekaligus membentuk Early Warning System (sistem peringatan dini), atas potensi terjadinya bencana.
  3. Perlu dibangun sistem koordinasi dan kerjasama antar daerah, untuk menanggulangi potensi bencana. Mengingat peristiwa bencana di Kabupaten Tangerang merupakan efek (dampak) dari bencana yang terjadi di daerah lain.
  4. Segera lakukan proses distribusi bantuan (logistik) yang tepat sasaran,  dan sesuai dengan kebutuhan para korban bencana.

Alamat Konfirmasi:

Sekretariat TP2D (Tim Percepatan Pemekaran Daerah) Tangerang Barat.

Isbandi Ardiwinata, Ketua TP2D, Nomor Kontak: 0812-1061-6510

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s